Kamis, 03 Februari 2011

Tokoh Sepak Bola : PELE


Pele terlahir dengan nama edson arantes do nascimento di tres coracoes. Pada tanggal 23 Oktober 1940. pele dan anak-anak tetangganya bermain sepak bola sepanjang hari. Ayah nya menjadi pelatihnya. Pele kemudian bergabung dengan kesatuan yunior tim kota bauru. Setelah itu, pele menendatangi kontrak dengan santos, sebuah tim professional penting. Ia terpilih dalam tim piala dunia Brasil pada tahun 1958. brasil memenangkan piala dunia saat itudengan mengalahkan swedia 5-2 pada babak final.
Pele adalah pemilik dari semua strategi. Ia dapat menendang atau menyundul boladengan ketepatan yang akurat. Ia dapat membelokan bola tendangan lawan menjadi gold an mencetak setiap rekor besar dalam setiap pertandingan brasil.
Setelah membawa brasil unggul dalam piala dunia, ia mengundurkan diri dari tim nasional brasil pada tahun 1970. ia kemudian bermain untuk santos, lalu mengumumkan pengunduran dirinya pada tanggal 2 Oktober 1974.
Saat pele mengundurkan diri dari ajang professional, 761 wartawan dan 25 negara, kepal-kepala pemerintahan, dan figure-figur terkemuka lainnya memberi salam perpisahan. Pele telah mencetak 1.282 gol selama 22 tahun dan menjadi duta besar olahraga di seluruh dunia.

0 komentar:

Posting Komentar