Selasa, 01 Maret 2011

Sumpah Pemuda

“Pertama
Kami poetera dan poeteri indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah air Indonesia.
Kedoea
Kami poetera dan poeteri indonesia, mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
Ketiga
Kami poetera dan poeteri indonesia, mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.”

Itu yang di katakan mereka, yaitu pemuda Indonesia yang dulu sangat berjasa terhadap Indonesia. Mereka lah yang membuat Indonesia bersatu.
hari ini hari sumpah pemuda, dimana 82 tahun yang lalu para pemuda berjanji kepada indonesia.bagaimana dengan skarang?Apakah kita ingin melanjutkannya?Atau hanya sekedar diam dan menganggap itu adalah masa lalu?

Sumpah Pemuda menjadi senjata ampuh untuk merebut kemerdekaan dari tangan penjajah. Dengan semangat persatuan dan kesatuan bangsa, kesadaran para pemuda Indonesia saat itu pun semakin kuat karena mereka tidak berjuang sendiri. Maka tak heran, Sumpah Pemuda adalah salah satu tonggak sejarah kemerdekaan Indonesia.
Dengan gagah mereka mempersatukan Indonesia. Merebut kepulauan yang besar ini dari tangan para penjajah. Adalah mereka para pemuda Indonesia yang tidak jatuh hanya gertakan para penjajah. dan melalui kongres pemuda I dan kongres pemuda II kita bisa mengenal hari sumpah pemuda tersebut.

Inti nya adalah satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa. Makna yang selalu menjiwai para pemuda untuk merebut dan mempertahankan Indonesia dari para penjajah. dan hanya itu yang dipegang oleh pemuda-pemuda Indonesia.

Sumber : Thomi Akbar IX.1

0 komentar:

Posting Komentar