Sabtu, 12 Februari 2011

Dampak komputer terhadap prestasi pelajar


komputer dulu digunakan sebagai alat hitung yang praktis. tetapi, semakin majunya jaman maka semakin pesat pula kemajuan komputer sampai saat ini. sekarang komputer evolusi nya adalah laptop yaitu komputer yang bisa dibawa kemana-mana. dan sangat efektif pemakaiannya. jaman gini gak punya komputer? nah, sekarang saya akan membahas dampak-dampak dari komputer tersebut.

- Dampak Positif.
komputer adalah tekhnologi yang canggih. hanya dengan memasang modem di komputer, kita bisa menemukan informasi-informasi dari internet. dan kita pun bisa berkomunikasi dengan orang jauh melalui chat. yang paling penting kita juga bisa mendownload dan upload video, gambar, musik secara free (bebas), asal yang bener-bener aja yang di download atau uploadnya.

di komputer kita juga bisa menyimpan semacam file atau data-data yang kita buat di komputer tersebut. untuk para pelajar bisa untuk membuat tugas-tugas yang bisa diketik di komputer. kita juga bisa melihat video dan mendengar musik-musik di komputer. kalau untuk mahasiswa, komputer sangat penting sekali, untuk membuat tugas skripsi yang diberikan oleh dosennya. yang terakhir, di komputer ini, kita bisa bermain game sepuasnya

- Dampak Negatif
tetapi dibalik kebaikan komputer terhadap pelajar, komputer juga bisa merugikan prestasi belajar para pelajar. kita memang bisa bermain internet di komputer dengan banyak manfaat. tapi, disamping internet digunakan oleh para pelajar untuk berbagai hal, pelajar juga bisa melihat video porno dari komputer. dengan menonton yang seperti itu, minat belajar pasti akan berkurang, dan akan kecanduan untuk melihat nya berkali-kali.

selain digunakan untuk menonton video yang tidak benar, para pelajar menggunakan komputer untuk bermain game. jika pelajar sudah bermain game, mereka pun akan kecanduan untuk bermain terus. waktu pun terlupakan karna bermain game. ini juga merupakan hal yang bisa menurunkan prestasi belajar pelajar, khusus nya pelajar yang masih tingkat smp. tentu saja game merupakan sesuatu yang juga bisa dibilang buruk atau tidak bagus.

dari semua yang saya tulis, bisa disimpulkan bahwa komputer mempunyai dampak positif dan negatif yang sangat berpengaruh bagi prestasi pelajar dalam belajar. menurut saya, sebagian besar pelajar di Indonesia ini sudah terperosok dalam dampak negatif dari komputer. tetapi, hanya orang jenius yang tidak terperangkap oleh dampak negatif dari komputer.

sekarang komputer pun telah tersebar luas di seluruh dunia, termasuk Indonesia. jadi, kalau gak punya komputer gak usah malu, karna siapa tau yang punya komputer itu menggunakan komputer tidak baik. so, ngapain malu.


Sumber : Thomi Akbar IX.1

1 komentar: