Kamis, 03 Maret 2011

Pengaruh Polusi bagi Kesehatan


Polusi adalah pencemaran pada lingkungan. Pencemaran itu bisa berbentuk udara, suara, maupun air. Adapun polutan, yaitu bahan pencemran tersebut. Berikut ini dedfinisi dari jenis-jenis polusi tersebut :


Polusi Udara

Polusi udara dapat berbentuk gas dan partikel. Biasanya polusi udara disebabkan oleh asap dari kendaraan dan asap dari pabrik. Polusi udara juga dapat membuat lapisan ozon menipis. Jika seperti itu dunia ini akan menjadi panas karna sinar ultraviolet bisa menembus sampai ke bumi karna menipis nya lapisan ozon tersebut. Dan polusi udara dapat menyebabkan merusaknya kesehatan kita, paru-paru akan rusak ketika kita menghirup udara yang kotor tersebut. Polusi udara jugas dapat berbentuk seperti asap dari pembakaran sampah, batu bara, hutan, dll.

Polusi Suara
polusi suara dapat berbentuk seprti suara suara yang keras yang menggangu pendengaran yang mendeengarkannya. Suara itu seperti bunyi klakson pada kenderaan, bunyi pesawat dan kereta yang sangat kencang, lalu suara mesin pabrik yang menderu sangat kencang. Semua itu bisa mengganggu pendengaran kita.

Polusi Air
Polusi air dapat berbentuk limbah pabrik, sampah organic, dll. Polusi air dapat menimbulkan banyak penyakit. Seperti pencemaran air sungai yang disekelilingnya ada orang yang tinggal, mereka bisa mendapatka penyakit diare, dan penyakit-penyakit berbahaya lain nya. Polusi pada air juga bisa menyebabkan banjir dan pencemaran pada sungai, kali, laut, dll.

Jadi dari semua penjelasan tersebut bisa disimpulkan bahwa polusi dapat merusak kesehatan kita, baik itu pendeengaran, pernafasan, dan penyakit-penyakit lain nya. Bagaimana cara menanggulanginya? Semua itu bisa diatasi sengan cara hidup sehat, seperti makan-makanan yang sehat, memilih tempat tinggal yang bebas polusi, dan rajin berolahraga. Kesehatan adalah hal yang utama untuk menjalani hidup. Jadi, hidup lah sehat dilingkungan yang sehat.

Sumber : Thomi Akbar IX.1

0 komentar:

Posting Komentar